Selasa, 10 September 2013

Iran Dukung Suriah Sampai Akhir

Iran Dukung Suriah Sampai Akhir

Jum'at, 06 September 2013
Pasukan Garda Revolusi Iran (Foto: AFP)  
Pasukan Garda Revolusi Iran (Foto: AFP)

TEHERAN – Rencana intervensi militer yang akan dilakukan oleh beberapa negara barat rupanya tidak membuat Suriah kehilangan dukungan. Iran adalah salah satu negara yang menyatakan dukungan terhadap Suriah sampai akhir.

Rencana serangan itu diprakarsai oleh Amerika Serikat (AS), tetapi hal tersebut masih belum menemui kepastian karena belum mendapat persetujuan dari Kongres AS.

Seperti diketahui Iran merupakan salah satu sekutu penting bagi Suriah. Beberapa analisis juga meyakini intervensi militer AS adalah untuk mengumpulkan pengaruh Teheran terhadap ancamannya pada sekutu abadi AS yaitu Israel.

“Tujuan utama AS sebenarnya bukannya melindungi hak asasi manusia (HAM) tetapi untuk menghancurkan para lawan Israel, jadi kami akan dukung Suriah sampai akhir,” tutur Komandan Garda Revolusi Iran Qassem Soleimani, seperti yang dikutip dari The Daily Star, Jumat (6/9/2013).

Walaupun begitu Solaimani tidak merinci apakah bantuan yang akan dikirim untuk membantu rezim al-Assad. Pernyataan Solaimani disampaikan saat berpidato didepan Majelis Ahli Iran.

Sebelumnya pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei ini juga telah menyatakan kalau intervensi AS ke Suriah hanyalah sebuah dalih.

Sumber : Okezone

Tidak ada komentar: